Apa itu Desain Grafis? (& Jenis, Sejarah & Contoh)

Ilustrasi yang menampilkan berbagai elemen desain grafis.

Ketika Anda memikirkan desain grafis, apa yang terlintas di benak Anda? Itu bisa berupa logo, grafik pemasaran digital, ilustrasi, sampul majalah, atau yang lainnya. Dan Anda tahu apa? Anda akan benar!

Desain grafis hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kesamaan mereka semua adalah bahwa mereka dirancang untuk berkomunikasi secara visual, dan biasanya dilakukan di komputer atau tablet.

Kami telah menyusun panduan komprehensif ini untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang desain grafis dan bagaimana itu berubah menjadi seperti sekarang ini.

Mari kita mulai.

Daftar isi

Apa itu Desain Grafis?

Desain grafis adalah proses pembuatan konten visual yang membantu mengkomunikasikan pesan dengan audiens. Seni dari komunikasi Visual sangat penting, terutama untuk merek yang ingin terhubung dengan audiens target mereka, dan desain grafis adalah solusi sempurna.

Kumpulan contoh desain grafis.

Merek memanfaatkan desain grafis dalam logo mereka, materi pemasaran, iklan, grafik situs web, dan bahkan dokumen internal dan komunikasi email.

Untuk lebih memahami cara kerja desain grafis, Anda perlu memahami berbagai elemen yang membentuk sebuah desain. Elemen desain grafis tersebut antara lain:

  • Warna
  • Tipografi
  • Garis
  • Membentuk
  • Ukuran
  • Ruang angkasa
  • Tekstur
  • Hirarki

Ada juga beberapa prinsip yang harus diikuti oleh desainer grafis agar desain mereka efektif dan menarik perhatian. Anda mungkin pernah mendengar ini disebut Prinsip desain Gestalt.

Beberapa prinsip tersebut antara lain:

  • Kesederhanaan
  • Kedekatan
  • Kontinuitas
  • Simetri

Menyatukan semua elemen dan prinsip yang berbeda dapat mengubah desain menjadi grafik yang terlihat profesional.

Sementara desainer grafis sering dilatih tentang prinsip-prinsip ini, memiliki pemahaman dasar dapat membantu siapa pun dengan sedikit atau tanpa keterampilan desain membuat desain visual yang menarik.

Sekarang setelah kita membahas beberapa dasar desain grafis, mari selami mengapa desain grafis merupakan keterampilan yang sangat penting.

Mengapa Desain Grafis Penting?

Desain grafis penting karena banyak alasan. Pertama, ini adalah dasar dari setiap desain logo yang pernah Anda lihat. Kedua, pikirkan semua konten media sosial dan iklan yang Anda lihat setiap hari. Ya, semua desain grafis.

Selain itu, desain grafis adalah bagian dari desain sampul buku, tata letak halaman majalah, desain produk, desain pakaian, dan lainnya.

Berikut adalah beberapa statistik yang membantu lebih jauh tentang betapa pentingnya seni grafis.

Berbagi infografis 6 statistik desain grafis penting.

Sejarah Singkat Desain Grafis (Infografis)

Desain grafis bukan hanya hal zaman baru. Faktanya, desain grafis telah ada selama ribuan tahun — tentu saja, terlihat sangat berbeda selama bertahun-tahun.

Kami telah mengumpulkan infografis yang merinci sejarah desain grafis, dan bagaimana itu berubah menjadi apa yang kita kenal sekarang.

Infografis yang menampilkan sejarah desain grafis.

Ini adalah template di Visme! Sesuaikan dan buat sendiri.Sesuaikan Sekarang

9 Jenis Desain Grafis yang Perlu Anda Ketahui

Anda harus memiliki pemahaman yang cukup baik tentang dasar desain grafis dan dari mana asalnya. Sekarang mari kita bicara sedikit tentang jenis-jenis desain grafis yang Anda kenal saat ini. Beberapa di antaranya, yang mungkin belum Anda sadari adalah desain grafis.

Mari kita menggali.

Tipe #1: Desain Identitas Merek

Jenis desain grafis yang pertama adalah desain identitas merek. Ini saja adalah jenis yang paling penting untuk Anda ketahui sebagai profesional bisnis.

Meskipun perusahaan Anda kemungkinan akan menggunakan berbagai jenis yang berbeda ini, tidak ada perusahaan yang dapat berhasil tanpa a identitas merek.

Identitas merek terdiri dari:

  • Logo
  • Palet warna
  • Font/tipografi
  • Gaya gambar
  • Pola/bentuk
  • pedoman merek

Anda dapat melihat contoh pedoman merek yang memuat semua elemen identitas merek di bawah ini.

Templat pedoman merek tersedia untuk disesuaikan di Visme.

Desainer grafis cenderung berspesialisasi hanya dalam beberapa jenis desain yang berbeda. Desainer identitas merek harus berpengalaman dalam tren desain grafis, jenis desain apa yang sesuai dengan pelanggan dan banyak lagi.

Tipe #2: Desain Pemasaran & Periklanan

Jenis desain grafis berikutnya yang akan kita bahas adalah desain pemasaran dan periklanan. Spesialisasi ini berfokus pada grafik yang kita lihat di media sosial, situs web, dan iklan, baik online maupun offline.

Semua papan reklame yang Anda lewati saat berkendara di jalan raya, semua brosur yang Anda lihat di konter kedai kopi, dan semua grafik media sosial bisnis yang Anda lihat saat menelusuri feed Anda, semuanya adalah bagian dari desain grafis pemasaran & periklanan.

Berikut adalah contoh template grafik pemasaran yang mungkin Anda lihat menggoda kursus online.

Template grafik media sosial yang tersedia untuk disesuaikan di Visme.

Ada jumlah yang tak ada habisnya materi pemasaran yang dapat dibuat untuk mempromosikan merek, dan banyak desainer berspesialisasi dalam jenis desain grafis ini.

Tipe #3: Desain Antarmuka Pengguna

Desain antarmuka pengguna (UI) lebih berfokus pada perancangan situs web, aplikasi, perangkat lunak, dan program online lainnya yang sebenarnya.

Spesialisasi ini membutuhkan perancang untuk memahami cara merancang program yang menarik secara visual sambil juga memastikan bahwa mudah bagi pengguna untuk menavigasi dan memahami cara menggunakannya.

Tim UI kami telah bekerja keras untuk membuat antarmuka yang mudah digunakan untuk alat desain Visme sehingga pengguna baru dan veteran dapat memaksimalkan pengalaman mereka.

Tangkapan layar antarmuka pengguna Visme.

Tipe #4: Desain Produk

Desain produk melibatkan pembuatan desain produk secara keseluruhan dan bagaimana produk tersebut disajikan kepada audiens. Ini bisa apa saja mulai dari cetakan kaos dan botol hingga desain kaleng penyiram atau cangkir kopi yang sebenarnya.

Ambil contoh produk dari Frank Body ini. Bentuk botol semuanya dirancang agar sesuai dengan setiap jenis perawatan kulit, tetapi seorang desainer juga harus membuat desain yang ada di setiap botol atau kemasannya.

Tangkapan layar desain produk dari situs web Frank Body.

Desainer produk harus memastikan bahwa produk yang mereka buat berfungsi dengan baik untuk pengguna akhir. Terkadang ini melibatkan penemuan kembali roda pada produk yang sudah digunakan dan disukai orang, sementara di lain waktu dapat membantu merancang sesuatu yang benar-benar baru.

Tipe #5: Desain Publikasi

Jenis desain grafis selanjutnya yang akan kita bahas adalah desain publikasi. Desain publikasi mencakup desain hal-hal seperti majalah, ebook, kertas putih, laporan, buku, buletin, brosur, dan lainnya.

Desainer publikasi harus mampu membuat desain yang menarik secara visual yang tetap dapat dibaca dan memastikan informasi di setiap halaman mengalir dengan baik.

Dalam hal ini, tidak semua tentang desain. Kata-kata dan konten yang sebenarnya harus didahulukan, dengan desain hanya menonjolkannya.

Berikut adalah contoh publikasi yang mudah dibaca dan dirancang dengan baik. Sampulnya menyoroti ilustrasi dan tajuk utama tentang apa yang akan ditemukan pembaca di dalamnya, sementara halaman dalam melakukan pekerjaan yang bagus untuk memvisualisasikan konten dan menyebutkan poin-poin utama sambil tetap memastikan salinannya adalah bintang pertunjukan.

Contoh desain publikasi yang bagus.

Untuk mencoba desain publikasi, Anda dapat menyesuaikan template ebook ini dan membagikan informasi Anda sendiri dengan audiens Anda dengan cara yang menarik secara visual.

Template ebook tersedia untuk disesuaikan di Visme.

Tipe #6: Desain Kemasan

Jenis penting lain dari desain grafis adalah kemasan. Saat Anda menjual sesuatu yang dijual oleh banyak perusahaan lain, Anda perlu menemukan cara untuk menonjol — seringkali kemasan Anda dapat membantu Anda melakukan hal itu.

Apakah Anda menarik audiens tertentu dengan desain kemasan minimalis atau Anda menjadi kreatif, memiliki kemasan yang menonjol adalah kuncinya.

Lihatlah kemasan gulungan kertas toilet ini. Menjadi kreatif dengannya dapat membuat orang ingin memilih produk Anda daripada yang lain, hanya karena itu lucu atau berbeda.

Contoh desain kemasan produk kreatif.

Desainer kemasan dihadapkan pada tantangan untuk menemukan cara unik untuk mempresentasikan produk mereka sehingga konsumen memilihnya daripada pesaing.

Tipe #7: Desain Jenis Huruf

Pikirkan semua font yang Anda lihat setiap hari. Lihatlah font yang digunakan hanya dalam posting blog ini. Seseorang harus merancang semua ini.

Setiap font, bahkan yang paling dasar seperti Arial dan Times New Roman, dibuat oleh desainer tipografi.

Kedua font dalam pasangan font di bawah ini juga dirancang oleh seseorang yang berspesialisasi dalam membuat tipografi.

Sepasang font tersedia di Visme.

Di zaman sekarang ini, kita biasanya melihat desain jenis huruf digunakan ketika merek ingin membuat font sendiri. Misalnya, logo Netflix ada dalam font Netflix Sans bermerek mereka, dan Samsung memiliki font SamsungOne mereka sendiri.

Tipe #8: Desain Grafis Gerak

Grafik gerak atau animasi desain adalah jenis desain lain yang sering Anda lihat di video dan GIF.

Misalnya, lihat video YouTube ini di mana kami meluncurkan yang baru maskot merek.

Mendesain animasi atau motion graphic membutuhkan alat khusus dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang bergerak.

Namun, jika Anda ingin memulai dari yang kecil, Anda dapat menggunakan pembuat video Visme untuk membuat video gerak dengan menyesuaikan template di bawah ini.

Templat video grafik gerak tersedia untuk disesuaikan di Visme.

Tipe #9: Desain Ilustrasi

Jenis desain grafis terakhir yang akan kita bahas adalah desain ilustratif.

Jenis desain grafis ini biasanya dilakukan dalam program profesional seperti Adobe menggunakan stylus dan layar sentuh untuk menggambar elemen dan mengubahnya menjadi desain digital. Namun, setiap desainer memiliki gaya dan prosesnya sendiri.

Anda telah sering melihat gaya ini di grafik blog kami. Kami menggabungkan desain ilustratif ke banyak header blog kami untuk membantu mereka menonjol.

Ilustrasi seseorang mendesain email.

Ilustrasi populer tren desain itu mungkin tidak akan kemana-mana untuk sementara waktu, terutama mengingat betapa unik dan berbedanya ilustrasi itu.

Ke Anda

Siap untuk mencoba desain grafis Anda? Anda tidak harus menjadi seorang desainer untuk membuat sesuatu yang hebat. Dengan template dan alat desain yang mudah digunakan seperti VismeAnda dapat dengan mudah mendesain konten visual yang indah, apa pun tingkat keterampilan desain yang telah Anda kuasai.

Leave a Reply